Umumnya siklus haid pada wanita berkisar antara 21-35 hari sekali. Waspada penyakit yang akan ditimbulkan karena haid tidak lancar.

Waspada penyakit yang akan ditimbulkan karena haid tidak lancar

Mengalami haid/menstruasi adalah sebuah kejadian alami yang pasti akan dirasakan oleh semua wanita didunia ini. Umumnya siklus haid akan terjadi setiap 21-35 hari sekali. Namun bagaimana jika dalam sebulan, Anda mengalami haid 2 kali? Atau malah, telat haid sampai berbulan-bulan? Itu merupakan pertanda kalau siklus haid Anda tidak lancar.

Banyak faktor yang bisa menjadi penyebab mengapa siklus haid Anda tidak lancar. Dilansir dari halodoc.com, salah satu penyebab yang paling sering dialami adalah ketidakseimbangan hormon. Ada dua hormon yang memainkan peran di sini. Pertama, hormon estrogen yang memengaruhi kesuburan dan siklus haid. Lalu, kedua ada hormon progesteron yang membantu mengatur sistem reproduksi dalam mempersiapkan terjadinya kehamilan, termasuk siklus haid.

Nah, jika salah satu hormon tersebut bermasalah, maka siklus haid dan kesuburan akan terpengaruh. Lalu, apa yang membuat hormon-hormon itu tidak seimbang? Macam-macam faktor pendorongnya, seperti stres, kegemukan, atau terlalu kurus.  

Jika Anda telah mengetahui kalau siklus haid Anda tidak normal, segeralah berkonsultasi ke dokter. Karena Anda waspada penyakit yang akan ditimbulkan karena haid tidak lancar dibawah ini.

Waspada penyakit yang akan ditimbulkan karena haid tidak lancar

Jika Anda tidak segera menindaklanjuti gangguan haid tidak lancar, maka Anda perlu mewaspadai penyakit yang akan ditimbulkan dibawah ini:

1. Masalah Kesuburan

Waspada penyakit yang akan ditimbulkan karena haid tidak lancar

Kesuburan identik dengan proses ovulasi (kondisi dimana sel telur siap untuk dibuahi). Jika kedua hormon yang berperan dalam proses haid terganggu, hal inilah yang akan berpengaruh pada proses ovulasi. Untuk memastikan tingkat kesuburan dan kemandulan, sebaiknya memeriksakan diri ke dokter agar mendapat penanganan yang tepat sejak dini.

2. Polip Rahim

Waspada penyakit yang akan ditimbulkan karena haid tidak lancar

Polip adalah tumbuhnya jaringan dari lapisan organ tertentu ke dalam rongga tubuh. Dampak siklus haid tidak teratur, akan sulit menentukan kapan ovulasi akan tiba. Dengan demikian, agak sulit membedakan penyakit ini dengan ketidaksuburan. Oleh sebab itu sebaiknya konsultasikan ke dokter agar dapat ditangani dengan segera.

3. Kanker Rahim

Perlu Anda ketahui bahwa kanker rahim ini adalah karena dampak siklus haid yang tidak teratur. Pada wanita yang belum mengalami menopause, kanker ini turut menyebabkan pendarahan di luar siklus mentruasi. Jadi pendarahan yang terjadi belum tentu adalah pendarahan normal akibat menstruasi. Lakukan pap smear minimal satu kali dalam setahun untuk mencegah penyakit ini. Pap smear berguna untuk mengetahui dan mencegah penyakit yang terjadi pada organ reproduksi wanita.

4. Sindrom Ovarium Polilistik

Sesuai namanya, sindrom ovarium polikistik adalah penyakit yang terdapat pada rahim, yang dapat mengurangi tingkat kesuburan. Gejalanya adalah jumlah darah yang sedikit dan perubahan gejala fisik seperti tumbuhnya bulu yang lebat, wajah berminyak dan sering berjerawat. Sindrom ini dapat meningkatkan resiko kanker endometrium, bila jarak haid lebih dari 60 hari, dalam jangka waktu yang berkepanjangan.

5. Kista Ovarium

Kista adalah tumor jinak yang berisi cairan kental, yang biasanya ditemui pada organ reproduksi wanita. Penyakit ini dapat terjadi karena dampak siklus haid tidak teratur. Seringkali para wanita tidak menyadari adanya kista pada tubuhnya karena kista dalam bentuk yang kecil tidak menyebabkan gangguan. Kista ini akan menyebabkan rasa nyeri yang luar biasa jika ukurannya sudah membesar. Jalan satu – satunya adalah membuang kista dengan cara dioperasi.

Demikianlah beberapa penyakit yang perlu Anda waspadai karena disebabkan oleh haid tidak lancar. Semoga dengan ini Anda jadi lebih berhati-hati ya. Jika dirasa siklus haid Anda tidak lancar, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter dan segera mendapatkan tindakan. Salam sehat Tiens!