Musim hujan menyebabkan sejumlah daerah terkena bencana banjir. Waspada penyakit yang akan bermunculan saat musim banjir.

Waspada penyakit yang akan bermunculan saat musim banjir

Indonesia saat ini tengah memasuki musim hujan. Curah hujan yang tinggi menyebabkan sejumlah daerah mengalami musibah banjir. Anda tentu tidak lupa dengan musibah banjir yang menggenangi wilayah Jabodetabek pada awal Januari lalu. Musibah ini menyebabkan ribuan warga harus mengungsi dan tak sedikit pula yang kehilangan tempat tinggal.

Bencana banjir juga membuat sejumlah penyakit bermunculan untuk menjangkiti manusia. Untuk itu Anda perlu mengetahui dan berhati-hati bila penyakit-penyakit ini mulai menyerang. Waspada penyakit yang akan bermunculan di musim banjir.

Waspada penyakit yang akan bermunculan saat musim banjir

Air banjir yang menggenangi rumah Anda berasal dari berbagai tempat. Air banjir yang berwarna cokelat pekat jelas membawa banyak benda kotor, tak terkecuali kotoran manusia. Tidak hanya kotoran manusia, kotoran binatang pengerat seperti tikus yang membawa virus Leptospirosis juga menjadi ancaman.

Karena ini dapat beresiko menjadi penyebab bermunculannya berbagai penyakit. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut inilah penyakit yang akan bermunculan saat musim banjir.

1. Malaria

Waspada penyakit yang akan bermunculan saat musim banjir

Nyamuk senang beterbangan di tempat lembab dan basah, sehingga resiko munculnya nyamuk penyebab penyakit malaria yaitu Anopheles saat musim banjir. Gejala awal yang paling umum dan bisa dilihat jika terjangkit malaria adalah timbulnya sakit kepala dan juga dibarengi dengan menggigil. Disertai demam berkepanjangan 10-15 hari.

2. Hepatitis A

Waspada penyakit yang akan bermunculan saat musim banjir

Air banjir yang kotor dapat beresiko tersebarnya virus Hepatitis A. Penyakit ini akan menimbulkan infeksi akut pada hati. Hal ini biasanya ditandai dengan beberapa gejala, seperti: berkurangnya nafsu makan, muntah, sakit perut, mual, mudah lelah, gejala seperti flu, demam, sakit kuning, dan yang lainnya.

3. Influenza (Flu)

Waspada penyakit yang akan bermunculan saat musim banjir

Flu menjadi salah satu penyakit yang paling umum diderita pada musim hujan, baik oleh orang dewasa maupun anak-anak hingga bayi.

Pada umumnya infeksi ini akan menimbulkan gangguan pada sistem pernapasan, di mana hal ini menimbulkan beragam gejala, seperti: linu dan pegal-pegal, demam, batuk, sakit tenggorokan, bahkan komplikasi yang mengarah ke pneumonia. 

4. Diare

Waspada penyakit yang akan bermunculan saat musim banjir

Penyakit ini sangat umum terjadi di musim hujan dan banjir. Diare ditandai dengan meningkatkan frekuensi BAB berkepanjangan. Berbagai bakteri yang tersebar dari air kotor banjir adalah penyebab kuat penyakit ini

5. Serangan Asma

Asma atau sesak napas di musim hujan biasanya disebabkan karena cuaca yang terlalu dingin. Untuk Anda yang memiliki riwayat sesak napas akut, pastikan tubuh Anda agar tetap hangat.

6. Demam Berdarah 

Selain diare, penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegepti ini paling banyak menyerang di saat musim hujan atau banjir. Di musim hujan, perkembangbiakan nyamuk ini semakin tinggi dan meningkat dengan tajam. Demam berdarah ditandai dengan kondisi tubuh yang nyeri dan terasa sakit pada seluruh bagian. Bukan hanya itu saja, penyakit ini juga bisa menyebabkan komplikasi dan terjadinya perdarahan akut yang disebabkan oleh kerusakan di dalam sistem pembuluh darah.

Demikianlah beberapa penyakit yang perlu Anda waspadai dikala musim banjir. Anda tidak perlu panik, jagalah selalu kebersihan dan kesehatan Anda dan keluarga. Bila banjir telah surut, segeralah melakukan pembersihan Jaga selalu kebersihan makanan dan minuman Anda saat banjir tiba dan jangan memakai air banjir untuk mencuci atau apapun. Salam sehat Tiens.