Waspada Inilah Gejala Yang Ditimbulkan Jika Menstruasi Tidak Normal – Apa anda sering mengalami gejala seperti ini?

Setiap wanita memiliki siklus yang berbeda pada saat mengalami menstruasi. Ada yang masa periode nya hanya 2 hari, atau bahkan ada yang mengalaminya selama 1 minggu penuh. Jika hal ini berjalan secara konsisten, maka sebenarnya tidak perlu khawatir namun tetap harus waspada.

Apakah Menstruasi Anda Lancar?

Pada umumnya, waktu menstruasi wanita adalah 2 – 7 hari. Sedangkan untuk siklus menstruasinya itu berlangsung pada 21 – 35 hari yang rata – rata umumnya ialah 28 hari. Walaupun siklus menstruasi wanita ini berbeda – beda, namun tetap saja ada kondisi yang harus diwaspadai jika terjadi indikasi adanya masalah kesehatan.

Bagaimana Gejala Yang Ditimbulkan Jika Menstruasi Tidak Normal?

Dikutip dari laman halodoc.com mengenai gejala haid yang tidak normal dan perlu segera ditangani rumah sakit ialah :

Terlambatnya Datang Bulan ( Menstruasi )

Ada sebagian wanita yang memang memiliki siklus lebih teratur daripada yang laun. Namun, sebagian besarnya siklus haid itu terjadi setiap 28 hari sekali. Nah, jika haid tiba – tiba terhenti maka ada beberapa alasan yang mesti di waspadai. Misalnya seperti terjadi kehamilan, dan dengan di cek melalui alat tes kehamilan itu merupakan cara mudah untuk menjawabnya.

Bagaimana jika bukan kehamilan yang terjadi? Maka beberapa hal ini bisa juga anda waspadi seperti obesitas, olahraga yang terlalu sering, konsumsi pil KB, PCOS ( Sindrom Ovarium Polikistik ), stress berat atau juga perimenopause.

Terjadinya Pendarahan Yang Berat

Jumlah darah yang dikeluarkan setiap wanita pada saat menstruasi memang berbeda. Jika anda membutuhkan banyak pembalut pada waktu yang cepat, maka itu gejala dari menorrhagia.\

Waktu Menstruasi Yang Terlalu Pendek Ataupun Panjang Terasa Tida Normal

Untuk waktu normal seorang wanita mengalami menstruasi ialah berlangsung selama 2 hingga 7 hari. Dengan menggunakan alat kontrasepsi juga itu bisa mempengaruhi hormone yang dapat mempersingkat siklus menstruasi.

Namun pada masa menuju menopause juga dapat mengganggu siklus normal. Tapi, pada saat haid terjadi lebih singkat secara tiba – tiba. Maka ini bisa juga merupakan sebuah tanda dari beberapa penyakit, seperti tidak seimbangnya hormone, fibroid atau polip.

Terjadinya Kram Perut Yang Cukup Intens

Pada saat menstruasi, terjadinya kram memang wajar karena adanya kontraksi uterus yang mendorong keluar lapisan uterus. Kram ini biasanya terjadi pada saat 1 atau 2 hari menjelang menstruasi dan berlangsung selama 2 hingga 4 hari. Namun, jika kram yang terjadi itu cukup intens dan terbilang parah, maka ini bisa merupakan gejala dari fibroid, penggunaan IUD, endometrosis, adenomyosis, penyakit radang panggung ( PID ).

Terjadinya Pendarahan Diantara Masa Menstruasi

Ada beberapa alasan mengapa seorang wanita mengalami kemunculan bercak atau pendarahan di sela-sela periode menstruasi. Beberapa penyebab adalah perubahan dalam kontrol kelahiran, dan yang lainnya memerlukan perawatan oleh dokter. Penyebab perdarahan di antara periode menstruasi ini bisa terjadi akibat melewatkan atau mengubah pil KB, PMS seperti klamidia atau gonore, PCOS, cedera pada vagina (seperti saat berhubungan seksual), polip atau fibroid uterus, kehamilan, kehamilan ektopik atau keguguran, perimenopause, kanker serviks, ovarium, atau rahim.

Itulah beberapa gejala yang bisa anda waspadai jika merasa haid tidak berjalan secara normal. Jangan sampai terlambat untuk ditangani ya.

Bersama kami juga, anda bisa sharing dan konsultasi masalah kesehatan reproduksi. Kami akan berikan solusi tepat untuk masalah yang sedang anda hadapi.

Klik Tombol Dibawah Untuk Terhubung Dengan Kami