Ketahui Perbedaan Warna Keputihan Normal Dan Tidak Normal. Ternyata seperti ini penjelasannya.

Keputihan atau dalam bahasa lainnya Vaginal Discharge merupakan sebuah kondisi dimana keluarnya cairan tubuh melalui vagina. Hal ini merupakan proses alami yang dialami wanita ketika terjadi perubahan pada masa siklus menstruasi. Biasanya cairan yang keluar itu kental dan juga lengket pada seluruh siklus. Namun, saat terjadi ovulasi cairannya berwarna bening dan lebih encer.

Bagaimana Mengetahui Perbedaan Warna Keputihan Normal Dan Tidak Normal

Biasanya wanita yang mengalami keputihan merasa tidak nyaman dan sedikit was-was karena takut menyebabkan masalah lain pada kesehatan kewanitaan. Namun, perlu anda ketahui bahwa keputihan bukanlah penyakit melainkan merupakan sebuah gejala yang menandai adanya suatu penyakit.

Dikutip langsung dari laman hellosehat.com ada 3 penyebab utama pada keputihan yang tidak normal, yaitu sebagai berikut :

  1. Terjadinya Infeksi Yang Diakibatkan Oleh Golongan Bakteri. Gardnerella vaginalis merupakan jenis bakteri anaerob yang tidak membutuhkan oksigen untuk hidup. Nah, dalam kasus keputihan tidak normal yang di akibatkan oleh bakteri ini ialah sekitar 23.6%.
  2. Diakibatkan Oleh Jamur. Jamur yang sering menyerang organ tubuh yang dilapisi mukosa ialah Candida Albicans. Nah, dalam kasus keputihan yang tidak normal diakibatkan oleh jamur ini merupakan yang paling tinggi diantara jenis infeksi lainnya, yaitu sekitar 15-42%. Dan keputihan ini meningkat kasusnya pada wanita hamil.
  3. Golongan Parasit yang terkenal dengan Trikomonas vaginalis yang menyebabkan keputihan tidak normal sekitar 5,1-20%.

Itulah 3 penyebab yang bisa membuat keputihan menjadi tidak normal.

Sekilas Menganai Keputihan!

Jika seorang wanita mengalami keputihan, itu memang wajar terjadi karena beberapa faktor seperti stress, kehamilan atau aktivitas seksual.

Tapi, waspadalah jika keputihan yang anda alami itu merupakan keputihan patologis ( tidak normal ). Keputihan patologis ini ditandai dengan warna, konsistensi, volume dan juga bau yang tidak wajar.

Keputihan patologis ini diakibatkan oleh 2 jenis yaitu yang infeksi dan non-infeksi.

Penyebab patologis non-infeksi ialah berkaitan dengan adanya benda asing yang masuk seperti kontrasepsi spiral maupun penyakit lain seperti kanker serviks.

Sedangkan keputihan patologis infeksi diakibatkan oleh adanya bakteri, jamur, maupun parasit.

Lalu Bagaimana Cara Anda Mengetahui Keputihan Normal Dan Tidak Normal?

Berikut ini beberapa hal yang bisa anda perhatikan untuk memastikan keputihan yang anda alami itu normal atau bahkan tidak normal.

Perhatikanlah Kondisi Keputihan

Cek kondisi cairan vagina anda jika terinfeksi bakteri biasanya berwarna putih hingga keabuan dan homogen. Dengan volume yang banyak dan juga lengket. Sehingga mudah menempel pada pakaian dalam anda.

Jika terinfeksi jamur, maka tekstur keputihan anda akan menjadi lebih kental seperti keju atau gumpalan susu. Warnanya seperti putih kekuningan, volume nya pada awal itu sedikit, namun jika bertambah parah maka akan menjadi lebih banyak.

Sedangkan jika terinfeksi parasit warnanya agak lebih berbeda yaitu kuning kehijauan, volumenya bertambah setiap harinya, lengket dan terkadang terlihat ada buih di keputihannya.

Bau Keputihan Yang Berbeda

Keputihan normal pada dasarnya tidak berbau, namun untuk keputihan patologis akan menimbulkan bau yang khas.

Infeksi bakteri : keputihannya berbau amis

Infeksi jamur : bau khas namun terkadang tidak mengeluarkan bau.

Infeksi parasit : baunya seperti bau busuk.

Perhatikan Gejala Penyerta Keputihan

Jika keputihan yang dialami akibat infeksi bakteri maka rasa yang sering dirasakan ialah gatal di area vagina dan sering di garuk hingga lecet.

Jika diakibatkan jamur, maka akan ada rasa panas yang mendominasi di vagina.

Sedangkan akibat parasit ialah nyeri saat buang air, serta bisa juga merasa sakit pada saat hubungan seksual.

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai keputihan pada wanita. Semoga dapat membantu anda dalam mendapatkan informasinya.

Untuk konsultasi masalah kewanitaan, anda juga bisa langsung menghubungi kami dengan cara klik tombol dibawah ini.