Anda perlu Ketahui Fakta pH Normal Pada Miss V Wanita. Agar terhindar dari infeksi jangan abaikan hal ini.

Tahukah anda jika Miss V atau organ intim wanita itu memiliki pH yang perlu dijaga keseimbangannya? pH adalah kadar keasaman yang mempengaruhi terbentuknya ekosistem vagina yang sehat.

Jaga Keseimbangan pH Pada Miss V

Mengapa penting sekali untuk menjaga pH agar tetap seimbang? Jika pertanyaan ini muncul di benak anda, maka disinilah anda dapat menemukan jawabannya.

Kadar pH pada organ intim wanita harus dijaga agar tetap seimbang agar dapat melindungi Miss V dari infeksi seperti jamur, bakteri atau parasit.

Jika keseimbangan pH terganggu, maka bakteri baik dalam vagina bisa mati dan menyebabkan bakteri jahat tumbuh dengan cepat. Sehingga memicu timbulnya rasa gatal, iritasi, dan menyebabkan keputihan yang berbau tidak sedap.

Bagaimana Cara Menjaga Keseimbangan pH Miss V?

Dilansir dari laman halodoc.com ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menjaga keseimbangan pH di vagina, diantaranya ialah:

  • Dengan cara membersihkan organ intim wanita secara teratur. Baik setelah buang air kecil maupun besar. Bersihkan miss V dengan air bersih dengan arah dari depan ke belakang. Sehingga bakteri yang ada di anus tidak terbawa ke vagina.
  • Basuh atau bersihkan bagian miss V tanpa menggunakan sabun antibakteri. Sebab, sabun antibatkteri ini bisa mengganggu keseimbangan pH dan juga membunuh bakteri baik.
  • Anjuran untuk menggunakan sabun pembersih kewanitaan bisa saja anda gunakan, namun hanya sesekali saja ya. Jangan digunakan dalam jangka panjang. Sebenarnya, untuk membasuh organ kewanitaan bisa cukup dengan menggunakan air hangat saja.
  • Setelah dibersihkan, pastikan anda untuk langsung mengeringkan area vagina agar tidak lembab. Bisa dengan menggunakan handuk lembut atau tisu.
  • Saat menstruasi, jaga kebersihan miss V dengan rajin mengganti pembalut selama 4 hingga 6 jam setelah pemakaian.
  • Jika anda berencana untuk melakukan sauna, maka gunakanlah alas pada tempat duduk anda dengan menggunakan handuk.
  • Jangan menggunakan pakaian dalam yang berbahan sintetis, sebab bahannya tidak dapat menyerap keringat.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menjaga keseimbangan pH pada Miss V. Agar tetap sehat dan terhindar dari infeksi yang menyebabkan keputihan tidak normal.

Jika anda memiliki keluhan seputar masalah kewanitaan. Maka disini anda bisa langsung berkonsultasi bersama kami dengan chat langsung.

Kami berikan solusi tepat untuk mengatasi masalah kewanitaan anda.