Mengalami kram atau nyeri haid memang menyakitkan bagi setiap wanita. Hindari makanan berikut ini agar tidak mengalami nyeri haid

Hindari makanan berikut ini agar tidak mengalami nyeri haid

Haid atau menstruasi pasti akan dialami setiap wanita yang usianya telah mencapai masa pubertas. Namun itu juga tergantung dengan hormon masing-masing, ada yang di masa pubertasnya telah mengalami haid, ada juga yang belum.

Salah satu masalah yang seringkali dirasakan ketika haid adalah kram perut, atau sering disebut dengan nyeri haid. Gejala ini sangat menyiksa karena menyebabkan rasa sakit di perut bagian bawah. Bila telah mencapai level parah, bisa saja Anda akan kesulitan untuk beraktivitas.

Untuk itu ada baiknya untuk melakukan pencegahan. Mulai dari makanan dan minuman yang Anda konsumsi sehari-hari. Hindari makanan berikut ini agar tidak mengalami nyeri haid. Keep scrolling!

Hindari makanan berikut ini agar tidak mengalami nyeri haid

Hindari makanan berikut ini agar tidak mengalami nyeri haid

Dilansir dari halodoc.com, penyebab terjadinya nyeri haid adalah karena kontraksi rahim akibat proses peluruhan darah pada dinding rahim dan produksi hormon prostaglandin yang terlibat dalam nyeri haid. Semakin banyak kadar hormon prostaglandin dalam tubuh, semakin parah tingkat nyeri yang dirasakan. Jika terus berlanjut, nyeri haid parah bisa menyempitkan pembuluh darah yang menyuplai rahim.

Sebagai langkah awal, dapat Anda mulai dari memperhatikan makanan yang Anda konsumsi saat haid. Hindari jenis makanan ini untuk mencegah terjadinya nyeri haid:

1. Makanan menganduk lemak trans

Hindari makanan berikut ini agar tidak mengalami nyeri haid

Makanan yang mengandung lemak trans banyak ditemukan pada jenis makanan yang digoreng, dipanggang, mengandung krimer, dan margarin. Pasalnya makanan jenis ini meningkatkan tingkat estrogen dalam tubuh. Ketika tingkat estrogen meningkat, rahim menjadi tidak seimbang sehingga meningkatkan rasa nyeri saat haid.

2. Kafein

Hindari makanan berikut ini agar tidak mengalami nyeri haid

Kafein berpotensi dapat menyempitkan pembuluh darah dan menaikkan tekanan darah sehingga dapat menyebabkan nyeri haid. Untuk itu bagi Anda penggemar kopi dan teh, batasi dulu meminumnya saat sedang haid ya.

3. Produk Olahan Susu

Hindari makanan berikut ini agar tidak mengalami nyeri haid

Produk olahan susu seperti  susu, yogurt, mentega, dan keju mengandung asam arakidonat yang tinggi. Asam arakidonat memicu zat prostaglandin. Prostaglandin berfungsi melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan pembekuan darah sehingga meningkatkan rasa nyeri saat haid.

4. Makanan yang tinggi kandungan garam

Tahukah Anda bahwa makanan yang tinggi akan kandungan garam dapat berpotensi sebabkan retensi air dalam tubuh sehingga dapat berpengaruh pada nyeri haid. Makanan yang mengandung banyak garam banyak ditemukan pada keripik. Jadi kurangi dulu jika sedang haid ya.

5. Gula Tambahan

Apakah Anda seringkali makan makanan manis dikala sedang haid? Perubahan hormon saat haid mengakibatkan kadar gula darah menjadi tidak stabil, sehingga keinginan untuk konsumsi makanan manis bertambah. Namun bagi wanita yang sedang haid, sebaiknya kurangi atau hindari makanan yang mengandung gula. Alasannya karena gula menyebabkan perut kembung sehingga memperburuk rasa nyeri.

Itulah makanan yang perlu Anda hindari agar tidak mengalami nyeri haid. Semoga informasi ini bermanfaat.