Bagi para wanita, apakah siklus haid Anda teratur atau tidak? Berikut inilah tips untuk mengatasi siklus haid yang tidak normal.

Berikut inilah tips untuk mengatasi siklus haid yang tidak normal

Untuk Anda wanita yang telah mengalami menstruasi, berapa lamakah jangka waktu Anda ketika menstruasi berlangsung? Apakah 3-7 hari? Atau lebih dari itu? Atau malah, tidak datang sama sekali setiap bulannya?

Menstruasi dikatakan tidak lancar atau tidak teratur apabila siklus terjadi kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari. Selain itu menstruasi dikelompokkan tidak lancar bila lamanya menstruasi berubah-ubah setiap bulannya. Volume darah yang tidak sama, kadang banyak dan kadang sedikit, juga merupakan salah satu bentuk menstruasi tidak lancar.

Penyebab umum mengapa siklus haid tidak normal adalah karena menopause ataupun karena Anda hamil. Menjelang menopause, menstruasi bisa menjadi tidak lancar. Ini karena hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh menjadi tidak teratur. Serta jika menstruasi Anda terhenti atau terlambat, cobalah melakukan pemeriksaan untuk memastikan apakah Anda hamil.

Jika Anda tidak dalam keadaan diantara kedua yang disebutkan diatas, Anda perlu mencoba berbagai tips dibawah ini untuk mengatasi siklus haid yang tidak normal.

Berikut inilah tips untuk mengatasi siklus haid yang tidak normal

Siklus haid yang tidak normal tentunya akan membuat risih dan gelisah. Karena kita jadi tak bisa menebak atau memperkirakan kapan haid akan datang. Berikut inilah tips untuk mengatasi siklus haid yang tidak normal, dilansir dari situs hellosehat.com

1. Istirahat cukup

Berikut inilah tips untuk mengatasi siklus haid yang tidak normal

Stres pikiran dan capek fisik sangat berdampak pada siklus haid Anda. Haid bisa datang lebih cepat atau lebih lambat dari seharusnya. Anda bahkan mungkin saja haid dua kali dalam sebulan atau bahkan tidak sama sekali ketika sedang stres.

Solusi paling tepat dan paling mudah ialah dengan jam tidur yang cukup. Tidur cukup membantu tubuh dan pikiran lebih rileks, sekaligus menjaga kerja hormon pengatur menstruasi. Usahakan tidur selama 7 sampai 8 jam dalam semalam.

2. Menjaga berat badan

Berikut inilah tips untuk mengatasi siklus haid yang tidak normal

Terlalu kurus atau terlalu gemuk sama-sama dapat menjadi pengaruh pada siklus haid. Oleh sebab itu, menjaga berat badan tetap ideal menjadi cara terbaik untuk memperlancar haid Anda tiap bulannya.

Mulailah menjaga berat badan dengan membiasakan makan sehat dan berolahraga secara teratur. Olahraga membantu menurunkan badan dengan cara yang sehat sekaligus menjaga daya tahan tubuh tetap prima. Perbanyak makan sayur dan buah untuk mencukupi kebutuhan vitamin serta mineral tubuh.

3. Mengonsumsi vitamin D

Vitamin D bisa didapatkan dari matahari pagi. Anda cukup berjemur di pagi hari antara jam 7 sampai 8 selama kurang lebih 15 menit setiap hari. Selain itu, vitamin D juga terkandung dalam makanan dan minuman seperti salmon, tuna, produk susu, dan sereal yang diperkaya.

4. Makan nanas

Berikut inilah tips untuk mengatasi siklus haid yang tidak normal

Nanas mengandung bromelain, yaitu enzim yang dapat melunakkan lapisan rahim, sehingga siklus menstruasi Anda bisa teratur. Selain itu, molekul protein dari nanas juga dipercaya sebagai pereda nyeri. Mulailah konsumsi nanas untuk mengatasi menstruasi Anda yang tidak teratur. Dianjurkan untuk mengonsumsi minimal 80 gram buah per hari.

5. Cuka apel

Sebuah studi pada tahun 2013 mengungkapkan bahwa minum 15 mililiter cuka apel dapat mengembalikan siklus haid Anda. Selain itu, cuka apel juga bisa membantu menurunkan berat badan, gula darah, dan kadar insulin. Disarankan untuk meminumnya dengan campuran madu dan air secukupnya agar dapat menghilangkan sensasi pahit dari cuka apel. 

Demikianlah tips untuk mengatasi siklus haid yang tidak normal. Semoga dapat membawa manfaat untuk kita semua.