Anda khususnya wanita, apakah mengalami keputihan? Benarkah keputihan dapat menyebabkan berbagai penyakit? Simak selengkapnya disini.

Benarkah keputihan dapat menyebabkan berbagai penyakit?

Keputihan adalah kondisi ketika lendir atau cairan keluar dari vagina. Keputihan merupakan cara alami tubuh untuk menjaga kebersihan dan kelembapan organ kewanitaan. Ketika seorang wanita mengalami keputihan, cairan yang diproduksi kelenjar vagina dan leher rahim akan keluar membawa sel mati dan bakteri, sehingga vagina tetap terlindung dari infeksi.

Perlu Anda ketahui bahwa keputihan yang normal biasanya terjadi pada wanita yang masih mengalami atau sesudah menstruasi. Ibu hamil mungkin akan lebih sering mengalami keputihan akibat perubahan hormon. Bila Anda mulai memasuki masa menopause, barulah keputihan akan berkurang.

Namun apakah keputihan itu berbahaya dan dapat menyebabkan penyakit? Anda perlu mengetahui fakta-faktanya berikut ini.

Benarkah keputihan dapat menyebabkan berbagai penyakit?

Benarkah keputihan dapat menyebabkan berbagai penyakit?

Sebelum itu, Anda perlu mengetahui ciri-ciri dari keputihan normal dan tidak normal. Keputihan normal ada dalam batas wajar, dan akan berhenti seiring berjalannya waktu karena itu merupakan proses membersihkan dan menjaga kelembaban organ kewanitaan. Namun bagaimana jika tidak normal? Berikut ciri-cirinya:

Ciri-ciri keputihan normal:

  • Tidak berwarna atau berwarna putih.
  • Tidak berbau atau tidak mengeluarkan bau menyengat.
  • Meninggalkan bercak kekuningan di celana dalam.
  • Tesktur cairan keputihan dapat berubah tergantung siklus menstruasi.

Ciri-ciri keputihan abnormal:

  • Cairan keputihan berbeda warna, bau, atau tekstur dari biasanya.
  • Cairan keputihan keluar lebih banyak dari biasanya.
  • Keluar darah setelah berhubungan seksual atau di luar jadwal haid.

Itulah ciri-ciri dari keputihan. Jika keputihan dirasa mengganggu, Anda bisa menggunakan pantyliner.

Namun jika ciri-ciri keputihan Anda termasuk abnormal, maka Anda patut waspada dan segera mengambil tindakan pengobatan. Karena beberapa penyakit dibawah ini dapat mengintai Anda, dilansir dari merdeka.com:

1. Peradangan serviks

Benarkah keputihan dapat menyebabkan berbagai penyakit?

Peradangan serviks atau leher rahim adalah salah satu masalah organ reproduksi yang bisa menyebabkan keputihan. Biasanya ini disebabkan oleh peradangan yang dipicu oleh penyakit menular seksual, reaksi alergi terhadap kontrasepsi yang ditanam dalam rahim, atau reaksi alergi terhadap kondom dan pelumas yang digunakan saat berhubungan seksual.

2. Infeksi jamur

Benarkah keputihan dapat menyebabkan berbagai penyakit?

Keputihan juga bisa disebabkan oleh infeksi jamur pada vagina. Ini biasanya dialami oleh wanita yang memiliki penyakit diabetes, hamil, mengonsumsi antibiotik atau pil KB. Perubahan pH pada vagina bisa menyebabkan infeksi jamur. Selain itu, jamur juga bisa disebabkan oleh kebersihan yang kurang atau celana dalam yang terlalu lembap.

3. Trikomoniasis vagina

Benarkah keputihan dapat menyebabkan berbagai penyakit?

Trikomoniasis vagina adalah salah satu bentuk penyakit menular yang terjadi pada vagina. Salah satu gejala penyakit ini adalah keluarnya cairan berwarna kekuningan dari vagina dan rasa gatal. Biasanya terjadi tiga sampai 28 hari setelah infeksi terjadi.

Demikianlah penjelasan mengenai keputihan pada wanita dan bahaya penyakit yang akan mengintai. Ada baiknya jika keputihan yang Anda alami tidak normal untuk memeriksakannya ke dokter. Salam sehat Tiens!