Gejala kanker serviks terkadang tidak dapat disadari. Benarkah kanker serviks disebabkan oleh keputihan? Berikut faktanya.

Benarkah kanker serviks disebabkan oleh keputihan?

Penyakit kanker adalah penyakit mematikan yang telah banyak memakan korban. Salah satunya adalah kanker serviks. Dapat kita ambil contoh kasus beberapa tahun silam. Artis mendiang Julia Perez meninggal setelah berjuang melawan kanker serviks. Padahal sejauh yang kita perhatikan selama ini, mendiang terlihat sehat-sehat saja sebelum divonis mengidap kanker.

Mengapa? Karena kadangkala gejala kanker serviks memang tidak disadari. Dilansir dari alodokter.com, Kanker serviks atau kanker leher rahim merupakan penyakit kanker yang menyerang leher rahim pada organ reproduksi wanita, dan disebabkan oleh Human Papilloma Virus atau HPV. Gejala awalnya adalah keputihan yang terus menerus.

Namun benarkah kanker serviks disebabkan oleh keputihan? Jangan panik dulu, simak faktanya dibawah ini.

Benarkah kanker serviks disebabkan oleh keputihan?

Karena gejalanya yang tidak disadari memang terkadang sulit mengetahui apakah keputihan yang dialami merupakan pertanda kanker serviks atau bukan. Anda dapat mengetahuinya dengan memperhatikan ciri-ciri berikut:

1. Keputihan tidak kunjung sembuh

Benarkah kanker serviks disebabkan oleh keputihan?

Jika lendir pada keputihan Anda mengalami perubahan warna, memiliki aroma yang tidak sedap atau bau, serta terjadi perubahan tekstur, dapat menjadi salah satu tandanya. Selain itu bila keputihan Anda tidak kunjung berhenti, sebaiknya Anda segera berkonsultasi ke dokter, karena itu merupakan salah satu gejala awal kanker serviks.

2. Rasa nyeri saat berhubungan intim

Benarkah kanker serviks disebabkan oleh keputihan?

Jika kanker serviks memasuki stadium lanjut, Anda akan terasa nyeri pinggang dan bagian panggul saat berhubungan intim. Segera periksakan diri ke dokter jika Anda mengalami nyeri panggul saat berhubungan intim, untuk memastikan apakah kondisi ini tanda penyakit kanker serviks atau akibat penyakit lain.

3. Sering buang air kecil

Benarkah kanker serviks disebabkan oleh keputihan?

Jika belakangan ini Anda seringkali buang air kecil dan tak bisa menahannya, ada kemungkinan ini merupakan gejala dari kanker serviks. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh sel kanker yang tumbuh mengelilingi leher rahim, lalu menyebar hingga ke kandung kemih. Namun gejala ini juga bisa muncul akibat infeksi saluran kemih (ISK), sehingga Anda perlu ke dokter untuk memastikannya.

4. Pendarahan vagina yang tidak normal

Benarkah kanker serviks disebabkan oleh keputihan?

Perdarahan ini dapat terjadi lebih banyak atau pun lebih sedikit dari menstruasi biasanya, dapat terjadi di antara periode menstruasi, atau pada wanita yang sudah menopause. Pendarahan vagina juga dapat terjadi saat berhubungan seksual.

Demikianlah ciri-ciri atau gejala dari kanker serviks. Penyebab yang paling mudah dikenali adalah dari keputihan yang Anda alami. Namun bukan berarti keputihan adalah penyebab dari kanker serviks itu sendiri. Fenomena keputihan itu wajar karena area miss v Anda melakukan pembersihan secara alami. Bila keputihan yang Anda alami normal.

Benarkah kanker serviks disebabkan oleh keputihan?

Yang perlu Anda perhatikan adalah bila keputihan Anda jauh dari kata normal, seperti ciri-ciri yang sudah disebutkan diatas. Bisa jadi itu adalah tanda dari gejala kanker serviks. Infeksi HPV kadang bisa sembuh dengan sendirinya. Walau begitu, tanda-tanda ini biasanya muncul ketika kanker serviks telah mencapai stadium lanjut. Sebelum mencapai tingkat tersebut, dibutuhkan waktu bertahun-tahun bagi virus HPV untuk berkembang.

Jadi penting bagi Anda untuk mendeteksi kanker sejak dini. Yuk deteksi kanker mulai dari sekarang! Salam sehat Tiens!