Benarkah Hormon Dapat Mempengaruhi Kelancaran Menstruasi? – Ternyata seperti ini penjelasannya, simak yuk.

Datang bulan bagi wanita memang hal yang normal terjadi setiap bulannya. Namun, bagaimana jika wanita mengalami siklus haid yang tidak normal? Apa saja penyebabnya, dan apakah hormon yang tidak seimbang termasuk salah satunya?

Benarkah Hormon Dapat Mempengaruhi Kelancaran Menstruasi?

Perlu anda ketahui bahwa memang benar hormon dan menstruasi saling berkaitan. Jika terjadi ketidakseimbangan hormon dalam tubuh, maka bisa menyebabkan siklus menstruasi yang terganggu.

Dilansir dari laman hellosehat.com menyatakan bahwa menstruasi bisa menjadi tidak teratur jika hormon tidak seimbang. Contohnya seperti adanya kelainan kelenjar tiroid yang bisa menyebabkan menstruasi tidak teratur jika tingkat hormon tiroid dalam darah menjadi terlalu rendah atau tinggi.

Adapula pernyataan yang kami kutip dari laman halodoc.com mengenai hormon yang bertanggung jawab untuk siklus menstruasi yaitu Esterogen, Progesteron, hormon perangsang folikel ( FSH ) dan hormon luteinizing ( LH ).

Lalu, Bagaimana Jika Menstruasi Tidak Lancar Karena Ketidakseimbangan Hormon? Bisakah Diatasi?

Jawabannya adalah Bisa! Dengan melakukan beberapa cara berikut ini dapat membantu mengatasi menstruasi yang tidak lancar.

  • Rubahlah gaya hidup anda yang sebelumnya menjadi gaya hidup yang sehat.
  • Perikasakan juga diri anda untuk melakukan pengobatan tiroid.
  • Jika anda menggunakan alat kontrasepsi seperti spiral, maka itu bisa diganti dengan yang lainnya.
  • Jaga berat badan anda jangan sampai obesitas.
  • Kurangi stress, atau jika anda sering mengalami stress maka bisa lakukan konseling.
  • Jika anda memiliki rencana untuk memiliki anak, maka diskusikan dengan dokter agar dapat diberikan masukan dan juga pemeriksaan secara medis.

Tipe Menstruasi Yang Tidak Lancar

Dilansir dari laman alodokter.com ada beberapa tipe yang termasuk ke dalam golongan menstruasi yang tidak teratur, diantaranya ialah :

  • Polymenorrhe yang berarti siklus menstruasi yang terjadi kurang dari 21 hari.
  • Oligomenorrhea yaitu kondisi dimana siklus menstruasi menjadi lebih panjang atau tidak terjadi menstruasi lebih dari 35 hari, tapi kurang dari 90 hari.
  • Amenorrhea yaitu kondisi dimana wanita tidak mengalami menstruasi selama 3 bulan berturut-turut.
  • Metrorrhagia yaitu terjadinya pendarahan pada saat menstruasi yang berlangsung lebih lama dan dalam jumlah darah yang banyak.

Itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan mengenai ketidakseimbangan hormon yang dapat mempengaruhi kelancara haid.

Disini juga kami menjual suplemen dan vitamin untuk membantu melancarkan haid anda. Bisa langsung konsultasi juga dengan kami di website ini ya.

Klik tombol chat di bawah ini agar terhubung dengan kami.